Minggu, 16 Desember 2012

Marketing Mix Mercedes Benz


 
Destia Eka Putri - J -
0210u005
S1 manajemen bisnis
Universitas Widyatama


Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr’wb
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Yang mana, tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk makalah yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah yang penulis ambil adalah “ Analisa Marketing Mix  pada produk bermerek Mercedes benz”.

Tujuan penulisan tugas  ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan pada mata kuliah praktikum pemasaran, untuk dapat  menuntaskan tugas ujian akhir semester , di semester 3 pada Program Studi Bisnis  dan Manajemen Jurusan S1 Manajemen di Universitas Widyatama.

Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil bahan berdasarkan hasil penelitian (analisa),  dan beberapa sumber literatur serta pengetahuan penulis mengenai analisa marketing mix  yang dapat mendukung penulisan ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan di dalam Tugas  UAS ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Terima kasih.




Bandung, Desember 2011

Daftar Isi
Halaman
Halaman Judul
Kata Pengantar……………………………………………………………………………… 2
Halaman Daftar Isi ……………………………………………………………………….. 3
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………….. 4
1.1 Latar Belakang Penelitian ………………………………………………………... 4
1.2 Identifikasi Masalah ……………………………………………….................... 4
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian ………………………………………………… 5

BAB II Menganalisa Marketing Mix……………………………………………… 6
2.1 Produk ………………………………………………………………………………….. 6
2.2 Place ……………………………………………………………………………………… 7
2.3 Price ……………………………………………………………………………………… 8
2.4 Promotion …………………………………………………………………………….. 9

BAB III Kesimpulan…………..…………………………………………………………. 10
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………………….. 10
3.2 Saran……………………………………………………………………………………… 11
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar belakang penelitian
Pemasaran sangatlah penting dalam perusahaan dengan bertujuan agar perusahaan tersebut dapat   mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan. Disini kita membahas tentang perusahaan Mercedes Benz, yang kita kenal dengan target market kalangan menengah keatas, bagaimana kita memahi cara perusahaan Mercedes dapat terus berlangsung hingga sekarang, dengan menganalisa marketing mix dimana marketing mix itu merupakan dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit. Sehingga kita mengetahui dengan cara menganalisa perusahaan Mercedes benz tersebut.
1.2 Identifikasi masalah
Rumusan dari makalah ini adalah:
·         Menganalisa Marketing mix:
1.      Analisa Produk
2.      Analisa Place
3.      Analisa Price
4.      Analisa Promotion


1.3 Maksud dan tujuan Penelitian

Penyusunan makalah analysis Marketing Mix ini dimaksudkan agar kita mengetahui bagaimana cara pemasaran di dalam produk tersebut. Produk yang sedang kita bahas disini mengenai Mercedes Benz, mencoba untuk menganalisa marketing dari produk tersebut, Mercedes Benz merupakan sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus. Dengan pembuatan makalah ini mahasiswa diharapkan akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang proses marketing. Melalui makalah ini mahasiswa dilatih untuk menganalisis marketing mix, dari sebuah perusahaan.
Untuk dapat mengerjakan kasus kasus dalam makalah ini, mahasiswa harus sudah mengikuti perkuliahan dikelas regular dan dikelas praktikum pemasaran yang dibina oleh dosen Pembina mata kuliah pemasaran masing masing, dan telah mengikuti mata kuliah manajemen.









BAB II
·       Menganalisa Marketing mix:
2.1 Analisa Produk
Mercedes-Benz merupakan salah satu brand otomotif paling dikenal di dunia yang pertama kali digunakan sebagai merk kendaraan sejak tahun 1926. Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia dengan kualitas produk:
·   Mercedes Benz dalam klasifikasi produk, Consumer Goodsnya termasuk Specialty Goods, memiliki karakteristik yang unik, mewah, jarang dibeli oleh konsumen, dan dijual ditempat khusus.

·   Mobil Mercedez Benz lebih mengoptimalkan dari segi rasa kenyamanan bagi para pengendara sekaligus penumpangnya. Dan tentunya penumpang tidak akan merasa bosan sekaligus cepat lelah ketika harus menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil Mercedes Benz karena desain interior dan eksterior yang membuat terlihat lebih elegahn dan mewah

·   Mobil Mercedes Benz mempunyai ciri khas ruang yang lebih besar dan lebar yang tidak kalah dengan jenis mobil eropa lainnya.

·  Masalah ketangguhan  dan kemampuan dari mesin keluaran mobil Mercedes Benz sudah terbukti dan teruji mampu bertahan lebih lama daripada mobil produksi Jepang.

·  Kelebihan Interior dan eksterior bawaan orisinil mobil mercedes benz terkesan sangat mewah sekaligus memanjakan bagi pemiliknya, dan menciaptakan prestise bagi yang memakainya.


·  Memiliki berbagai varian produk seperti bus, sedan, kendaraan niaga, van, dan mpv

2.2 Analisa Place
·         Mercedes Benz menggunakan jasa perantara pemasarannya yaitu indirect marketing, perusahaan sebagai produsen memakai perantara/bantuan middleman, intermediaries, hingga ke konsumen akhir.

·         Mercedes Benz menggunakan saluran distribusinya, pada one level channel, berisi satu peramtara penjualan, misalnya pengecer dan distributor.


·         Mercedes Benz Jumlah perantaranya yaitu distribusi ekslusif, perusahaan menggunakan satu grosir/pengecer untuk satu daerah pasar tertentu.

·         Mercedes Benz memiliki dealer resmi di Indonesia seperti Jakarta, bandung, Bali, Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, dengan Jam Buka:
Senin – Jumat : 8:30 pagi – 7:00 malam
Sabtu – Minggu: 8:30 pagi – 5:00 malam
Hari Libur Nasional : -
Dan disanalah tempat para konsumen membeli produk baru Mercedes Benz, dan tempat untuk service apabila terjadi kerusakan pada produk tersebut.




2.3 Analisa Price
Mercedes Benz memiliki harga berkisar antara Rp. 400.000.000 – Rp. 4.000.000.000 lebih.
Mercedes Benz memiliki harga yang relative mahal, karena mobil ini berasal dari eropa, dengan harga yang premium, karena target marget dari Mercedes benz sendiri kalangan menengah keatas, sehingga pricenya dimulai dengan harga 400 jt dengan type B class.
·         Penetapan harga sebanding dengan hasil interior dan eksterior kenyamanan dan keamanan bagi pemakainya, keunggulan produk Mercedes Benz tidak ada dalam produk lain, kualitas dan layanan yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Mercedes Benz  juga memiliki produk yang harganya tidak terlalu tinggi, dan penetapan harga untuk produk premium berkisar 1.000.000.000 lebih.

·         Rentang harga pada produk Mercedes Benz, apabila dilihat dari perbandingan harga dengan produk mobil lainnya, memang lumayan cukup jauh, itu dikarenakan produk Mercedes Benz mempunyai keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh produk lainnya.

Pertimbangan 3C
·         Cost
Mercedes Benz tipe C-Class saja untuk 12 bulan, total produksi 798 unit mobil dengan total biaya produksi Rp. 95.819.400.000,00.
·         Competitor
Produk unggulan dari Mercedes Benz yaitu SLS AMG 4.199.000.000,- dari produk Honda yaitu ALL NEW ACCORD V6 Matic Rp.705, 000, 000, - dari produk Toyota yaitu Land cruiser 200 A/T diesel full spec Rp. 2.235.000.000.- dari produk Suzuki Grand Vitara JLX 2.4 (Automatic) Rp. 328.599.00.- dari produk Nissan yaitu Elgrand 3.5 A/T Rp. 860.000.00.- dan produk dari Eropa juga yaitu BMW  760 LI 6.0 L Rp. 3.350.050.000.-
Mobil Mercedes Benz lebih mahal disbanding mobil-mobil lainnya, karena mobil Eropa, dan kualiasnya beda diabnding mobil lainnya

·         Cust DD
Harga produk Mercedes Benz tergantung dari keadaan dolar, jika naik maka hargapun akan naik, jika turun, harga produkpun akan turun.

2.4  Analisa Promotion
Cara Promosi produk Mercedes Benz beda dengan mobil mobil lainnya. Promosi perusahaan ini terhadap:
·         Events and Esperiences
Mercedes Benz  hadir dalam acara yang dselenggarakan secara khusus seperti pameran , sports, entertainment, fstivals, arts, company museums, street activities, ataupun mensponsori acara tertentu.
·         Public Relations
Dengan meningkatkan citra perusahaan,kredibilitas tinggi, Mercedes Benz menyelenggarakan seperti, seminars, Charitable donations, Publications, Community relations, and Lobbying.
·         Personal Selling
Agar menciptakan komunikasi 2 arah, membangun prefensi, keyakinan dan \tindakan pembeli. Mercedes Benz menggunakan alat promosi yaitu personal selling, seperti Sales presentations, Sales Meetings, Incentive programs, Fairs and trade shows.
·         Direct Marketing
Agar menciptakan komunikasi 2 arah tetapi alat promosi ini dengan menggunakan media, sifatnya personal, penyampaian secara langsung, dan individual, seperti catalogs, mailings, telemarketing, fax-mail, E-mail, dan voice mail, dan pesan dapat disesuaikan untuk orang yang dituju
BAB III
3.1 Kesimpulan
Dari laporan yang telah saya sajikan di atas, dapat kita analisis dan simpulakan bahwa :
·         Mercedes Benz mensegmentas pasar yang besar secara global, Indonesia dipilih sebagai target market  Mercedes Benz, karena Indonesia memiliki potensi yang kuat dalam jangka panjang, sehingga ini memberikan profit bagi Mercedes Benz itu sendiri.

·         Mercedes Benz memiliki keunggulan yang lbih disbanding mobil mobil yang lain, sehingga mercede Benz dijuluki sebagai mobil premium di Indonesia, sehingga memiliki prestise bagi pemakainya.

·         Mercedes Benz berada diperingkat nomer 1 mobil terbaik di Indonesia, dan Mercedes Benz mengutamakan tingkat keamanan, sehingga banyak pelanggan yang ingin memiliki mobil ini

·         Desain dan Interior yang membuat produk Mercedes Benz memiliki price yang tinggi,.

·         Terget Market mereka berbeda dari mobil-mobil yang lainnya cenderung kepada orang-orang menengah keatas, karena Mercedes Benz memiiki keunggulan yang banyak, sebanding dengan price yang tinggi, penjualan dan pemasarannya pun berbedqa dengan yang lainnya.





3.2 Kritik dan Saran 
Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan yang sangat ketat, Mercedes Benz mengutamakan tingkat keamanan dan kenyamanan, jauh berbeda dengan produk mobil mobil lainnya. Untuk kedepannya, Mercedes Benz harus berani mengambil inovasi baru, dengan memperluas target market mereka, dengan cara menurunkan price Mercedes Benz, sehingga kalangan menengah kebawah dapat membeli produk perusahaan tsb, seperti perusahaan Toyota, yang memiliki target maket masing-masing.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar