Destia Eka Putri - J -
0210u005
S1 manajemen bisnis
Universitas Widyatama
Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr’wb
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat,
taufik dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan
tugas ini dengan baik. Yang mana, tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk
makalah yang sederhana. Adapun judul penulisan makalah yang penulis ambil
adalah “ Analisa Marketing Mix pada produk bermerek Mercedes benz”.
Tujuan penulisan tugas ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan pada mata kuliah praktikum pemasaran, untuk dapat menuntaskan tugas ujian akhir semester , di semester 3 pada Program Studi Bisnis dan Manajemen Jurusan S1 Manajemen di Universitas Widyatama.
Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil bahan berdasarkan hasil penelitian (analisa), dan beberapa sumber literatur serta pengetahuan penulis mengenai analisa marketing mix yang dapat mendukung penulisan ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan di dalam Tugas UAS ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Terima kasih.
Bandung, Desember 2011
Daftar Isi
Halaman
Halaman Judul
Kata
Pengantar……………………………………………………………………………… 2
Halaman Daftar Isi
……………………………………………………………………….. 3
BAB I
PENDAHULUAN………………………………………………………………….. 4
1.1 Latar Belakang Penelitian ………………………………………………………...
4
1.2 Identifikasi Masalah ………………………………………………....................
4
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian
………………………………………………… 5
BAB II
Menganalisa Marketing Mix……………………………………………… 6
2.1 Produk
………………………………………………………………………………….. 6
2.2 Place ………………………………………………………………………………………
7
2.3 Price
……………………………………………………………………………………… 8
2.4
Promotion …………………………………………………………………………….. 9
BAB III
Kesimpulan…………..…………………………………………………………. 10
3.1
Kesimpulan…………………………………………………………………………….. 10
3.2 Saran………………………………………………………………………………………
11
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar belakang penelitian
Pemasaran sangatlah
penting dalam perusahaan dengan bertujuan agar perusahaan tersebut dapat mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak
sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir
dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus
juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan
usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik
terhadap perusahaan. Disini kita membahas tentang perusahaan Mercedes Benz,
yang kita kenal dengan target market kalangan menengah keatas, bagaimana kita
memahi cara perusahaan Mercedes dapat terus berlangsung hingga sekarang, dengan
menganalisa marketing mix dimana marketing mix itu merupakan dimana konsep
tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan
keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit. Sehingga kita
mengetahui dengan cara menganalisa perusahaan Mercedes benz tersebut.
1.2 Identifikasi masalah
Rumusan dari makalah ini adalah:
·
Menganalisa Marketing mix:
1. Analisa Produk
2. Analisa Place
3. Analisa Price
4. Analisa Promotion
1.3 Maksud
dan tujuan Penelitian
Penyusunan makalah analysis Marketing Mix ini
dimaksudkan agar kita mengetahui bagaimana cara pemasaran di dalam produk
tersebut. Produk yang sedang kita bahas disini mengenai Mercedes Benz, mencoba
untuk menganalisa marketing dari produk tersebut, Mercedes Benz merupakan
sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan
seperti mobil, truk, dan bus. Dengan pembuatan makalah ini mahasiswa diharapkan
akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang proses marketing. Melalui
makalah ini mahasiswa dilatih untuk menganalisis marketing mix, dari sebuah
perusahaan.
Untuk dapat mengerjakan kasus kasus dalam
makalah ini, mahasiswa harus sudah mengikuti perkuliahan dikelas regular dan
dikelas praktikum pemasaran yang dibina oleh dosen Pembina mata kuliah
pemasaran masing masing, dan telah mengikuti mata kuliah manajemen.
BAB II
· Menganalisa Marketing mix:
2.1 Analisa Produk
Mercedes-Benz merupakan
salah satu brand otomotif paling dikenal di dunia yang pertama kali digunakan
sebagai merk kendaraan sejak tahun 1926. Mercedes-Benz
Mobil Mewah Terbaik Indonesia dengan kualitas produk:
· Mercedes Benz dalam klasifikasi produk,
Consumer Goodsnya termasuk Specialty Goods, memiliki karakteristik yang unik,
mewah, jarang dibeli oleh konsumen, dan dijual ditempat khusus.
· Mobil Mercedez Benz lebih mengoptimalkan dari segi rasa
kenyamanan bagi para pengendara sekaligus penumpangnya. Dan tentunya penumpang
tidak akan merasa bosan sekaligus cepat lelah ketika harus menempuh perjalanan
jauh dengan menggunakan mobil Mercedes Benz karena desain interior dan
eksterior yang membuat terlihat lebih elegahn dan mewah
· Mobil Mercedes Benz mempunyai ciri khas ruang yang
lebih besar dan lebar yang tidak kalah dengan jenis mobil eropa lainnya.
· Masalah ketangguhan dan kemampuan dari mesin
keluaran mobil Mercedes Benz sudah terbukti dan teruji mampu bertahan lebih
lama daripada mobil produksi Jepang.
· Kelebihan Interior dan eksterior bawaan orisinil
mobil mercedes benz terkesan sangat mewah sekaligus memanjakan bagi pemiliknya,
dan menciaptakan prestise bagi yang memakainya.
· Memiliki berbagai varian produk seperti bus,
sedan, kendaraan niaga, van, dan mpv
2.2 Analisa Place
·
Mercedes Benz menggunakan jasa
perantara pemasarannya yaitu indirect marketing, perusahaan sebagai produsen
memakai perantara/bantuan middleman, intermediaries, hingga ke konsumen akhir.
·
Mercedes Benz menggunakan
saluran distribusinya, pada one level channel, berisi satu peramtara penjualan,
misalnya pengecer dan distributor.
·
Mercedes Benz Jumlah
perantaranya yaitu distribusi ekslusif, perusahaan menggunakan satu
grosir/pengecer untuk satu daerah pasar tertentu.
·
Mercedes Benz memiliki dealer
resmi di Indonesia seperti Jakarta, bandung, Bali, Sulawesi, Sumatra,
Kalimantan, dengan Jam Buka:
Senin – Jumat : 8:30 pagi – 7:00 malam
Sabtu – Minggu: 8:30 pagi – 5:00 malam
Hari Libur Nasional : -
Senin – Jumat : 8:30 pagi – 7:00 malam
Sabtu – Minggu: 8:30 pagi – 5:00 malam
Hari Libur Nasional : -
Dan disanalah tempat para
konsumen membeli produk baru Mercedes Benz, dan tempat untuk service apabila
terjadi kerusakan pada produk tersebut.
2.3 Analisa Price
Mercedes Benz memiliki
harga berkisar antara Rp. 400.000.000 – Rp. 4.000.000.000 lebih.
Mercedes Benz memiliki harga
yang relative mahal, karena mobil ini berasal dari eropa, dengan harga yang
premium, karena target marget dari Mercedes benz sendiri kalangan menengah keatas,
sehingga pricenya dimulai dengan harga 400 jt dengan type B class.
·
Penetapan harga sebanding dengan hasil interior dan
eksterior kenyamanan dan keamanan bagi pemakainya, keunggulan produk Mercedes
Benz tidak ada dalam produk lain, kualitas dan layanan yang bertujuan untuk
memuaskan konsumen. Mercedes Benz juga
memiliki produk yang harganya tidak terlalu tinggi, dan penetapan harga untuk
produk premium berkisar 1.000.000.000 lebih.
·
Rentang harga pada produk
Mercedes Benz, apabila dilihat dari perbandingan harga dengan produk mobil
lainnya, memang lumayan cukup jauh, itu dikarenakan produk Mercedes Benz
mempunyai keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh produk lainnya.
Pertimbangan 3C
·
Cost
Mercedes Benz tipe C-Class saja untuk
12 bulan, total produksi 798 unit mobil dengan total biaya produksi Rp.
95.819.400.000,00.
·
Competitor
Produk unggulan dari Mercedes Benz
yaitu SLS AMG 4.199.000.000,- dari produk Honda yaitu ALL NEW ACCORD
V6 Matic Rp.705, 000, 000, - dari produk Toyota yaitu Land cruiser 200 A/T
diesel full spec Rp. 2.235.000.000.- dari produk Suzuki Grand Vitara JLX 2.4
(Automatic) Rp. 328.599.00.- dari produk Nissan yaitu Elgrand 3.5 A/T Rp.
860.000.00.- dan produk dari Eropa juga yaitu BMW 760 LI 6.0 L Rp. 3.350.050.000.-
Mobil Mercedes Benz lebih mahal disbanding mobil-mobil lainnya, karena
mobil Eropa, dan kualiasnya beda diabnding mobil lainnya
·
Cust DD
Harga produk Mercedes Benz tergantung dari keadaan dolar, jika naik maka
hargapun akan naik, jika turun, harga produkpun akan turun.
2.4 Analisa Promotion
Cara Promosi produk Mercedes Benz beda dengan mobil mobil lainnya.
Promosi perusahaan ini terhadap:
·
Events and Esperiences
Mercedes Benz hadir dalam
acara yang dselenggarakan secara khusus seperti pameran , sports,
entertainment, fstivals, arts, company museums, street activities, ataupun
mensponsori acara tertentu.
·
Public Relations
Dengan meningkatkan citra perusahaan,kredibilitas
tinggi, Mercedes Benz menyelenggarakan seperti, seminars, Charitable donations,
Publications, Community relations, and Lobbying.
·
Personal Selling
Agar menciptakan komunikasi 2 arah, membangun
prefensi, keyakinan dan \tindakan pembeli. Mercedes Benz menggunakan alat
promosi yaitu personal selling, seperti Sales presentations, Sales Meetings,
Incentive programs, Fairs and trade shows.
·
Direct Marketing
Agar menciptakan komunikasi 2 arah tetapi
alat promosi ini dengan menggunakan media, sifatnya personal, penyampaian
secara langsung, dan individual, seperti catalogs, mailings, telemarketing,
fax-mail, E-mail, dan voice mail, dan pesan dapat disesuaikan untuk orang yang
dituju
BAB III
3.1
Kesimpulan
Dari laporan yang telah saya sajikan di atas, dapat
kita analisis dan simpulakan bahwa :
·
Mercedes Benz mensegmentas pasar yang
besar secara global, Indonesia dipilih sebagai target market Mercedes Benz, karena Indonesia memiliki
potensi yang kuat dalam jangka panjang, sehingga ini memberikan profit bagi
Mercedes Benz itu sendiri.
·
Mercedes Benz memiliki keunggulan yang
lbih disbanding mobil mobil yang lain, sehingga mercede Benz dijuluki sebagai
mobil premium di Indonesia, sehingga memiliki prestise bagi pemakainya.
·
Mercedes Benz berada diperingkat nomer
1 mobil terbaik di Indonesia, dan Mercedes Benz mengutamakan tingkat keamanan,
sehingga banyak pelanggan yang ingin memiliki mobil ini
·
Desain dan Interior yang membuat
produk Mercedes Benz memiliki price yang tinggi,.
·
Terget Market mereka berbeda dari
mobil-mobil yang lainnya cenderung kepada orang-orang menengah keatas, karena
Mercedes Benz memiiki keunggulan yang banyak, sebanding dengan price yang
tinggi, penjualan dan pemasarannya pun berbedqa dengan yang lainnya.
3.2
Kritik dan Saran
Seiring dengan perkembangan teknologi yang
begitu pesat dan persaingan yang sangat ketat, Mercedes Benz mengutamakan
tingkat keamanan dan kenyamanan, jauh berbeda dengan produk mobil mobil
lainnya. Untuk kedepannya, Mercedes Benz harus berani mengambil inovasi baru,
dengan memperluas target market mereka, dengan cara menurunkan price Mercedes
Benz, sehingga kalangan menengah kebawah dapat membeli produk perusahaan tsb,
seperti perusahaan Toyota, yang memiliki target maket masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar