Minggu, 16 Desember 2012

Business Plan

D&D (Donat&Donuts)
Sejarah D&D (Donat&Donuts)
D&D adalah produk donat terbaru yang lahir pada tanggal 09 September 2009 didirikan oleh mahasiswa Widyatama Bandung semester 3 yang bernama Destia Eka Putri, Sitti Halimah Kuswara, Putri Amanda dan Annesa Halimansyah. Produk ini asli buatan tangan Indonesia dengan bahan import dari negri Kincir Angin Belanda.  D&D pertama kali meluncurkan produk donatnya di Paris Van Java Bandung yang sekaligus menjadi pusatnya, dengan produk unggulan Chizmond (Chesse Almond) dan minuman unggulannya Chobeer Float ( Chocolate dicapur dengan beer diatasnya diberi ice cream vanilla),dan dessertnya berupa La-fruit (Salad dicampur dengan saus buah beraneka rasa).D&D donat mempunyai beberapa cabang di Indonesia tepatnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpansar Bali.
Kelebihan D&D donut Dibanding Pesaing
Keunggulan D&D donut dengan donut lainnya adalah:
·         Proses pembuatannya yang berbeda dari donut lainnya, seperti contohnya pelanggan anak-anak dapat menentukan sendiri bentuk donat yang diinginkan. Ada beberapa pilihan bentuk seperti Dinosaurus, Astro Boy, Spongebob, Dora, dan bentuk-bentuk tokoh animasi lainnya.
·         Bahan-bahan D&D yang diimport langsung dari Belanda.
·         Tempatnya yang nyaman dan didalam satu café dibagi menjadi beberapa tempat, untuk anak-anak ada khusus ruang anak-anak dilengkapi tempat bermain, untuk remaja dan dewasa ada tempat khusus dilengkapi dengan smoking area dan tempat nonton bersama.
·         Terdapat bar table untuk memudahkan pelanggan memilih produk sesuai warna piring, yaitu piring merah berharga Rp. 5500, piring berwarna biru Rp.6500, dan piring berwarna hijau Rp.7500.
·         Memiliki jasa service Drive Thru.
·         Memiliki jasa delivery service dan diakses dari web.
1
·         Live Music dan Wi-fi
·         Dan jalur antri lebih dari 1, berbeda dengan pesaing-pesaingnya.
Lingkungan Makro D&D Donut
Ekonomi
·         Target market D&D mentargetkan pasar marketnya kepada masyarakat kalangan menengah keatas. Donut D&D menawarkan harga yang relatif bisa dibeli oleh masyarakat semua kalangan, akan tetapi untuk produk minuman D&D menetapkan harga diatas rata-rata yang menjadikan target pasarnya menengah keatas. Oleh karena itu semakin lama peminat D&D semakin banyak dan menyebabkan bertambahnya profit bagi perusahaan D&D, dan perekonomian D&D berada pada kondisi meningkat.
Demografi
·         Life style masyarakat semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu D&D dalam pengembangan produknya selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dimulai dari anak-anak yang menyukai animasi kartun dapat diwujudkan dengan produk D&D berupa donat berbentuk animasi kartun yang anak-anak inginkan. Untuk remaja dan dewasa pada umumnya dilenggapi fasilitas untuk berkumpul bersama teman-temannya ataupun nonton bareng, D&D menyediakan live music dan fasilitas nonton bersama. Rasa donatnya pun bervariasi dan bermutu tinggi karena bahan-bahannya pun di import langsung dari Belanda.
 Lingkungan Alam
·         D&D berada di kota-kota pilihan di Indonesia yang lokasinya sangat strategis. Seperti di Jakarta D&D membuka gerai di Grand Indonesia dan Pondok Indah Mall. Di Bandung D&D membuka gerai di Paris Van Java. Surabaya D&D membuka gerai di Tunjungan Plaza 1. Dan di Bali membuka gerai di Kuta Bali .

2
Teknologi
·         Mesin pembuatan D&D menggunakan teknologi yang canggih diimport langsung dari Jepang
·         Menggunakan teknologi canggih pada setiap tempat, contohnya jiga ada pemesanan menggunakan I pad
·         Pembuatan kue donatnya pun memakai robot canggih. Jadi pelanggan tidak bosan untuk berada di cafe D&D karena adanya atraksi robot pembuatan donat
Sosial Budaya
·         D&D senantiasa memberikan produk yang halal dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Dan menjadikan D&D makanan yang disukai oleh semua kalangan mau itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua.
·         D&D mempunyai banyak macam rasa yang menjadikan D&D pun disukai oleh semua kalangan di Indonesia. D&D pun dapat menyesuaikan rasa setiap kota yang menjadikan D&D diterima oleh pangsa pasar dimanapu.
Hukum
·         D&D selalu mengikuti dan mentaatin peraturan uandang-undang yang ada di Indonesia, contohnya seperti membayar pajak, tidak melanggar undang-undang perlindungan konsumen, dan tidak melanggar undang-undang kesehatan.





3
Situasi Pasar
D&D mempunyai target market pada semua kalangan bisa anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua karena produknya yang bisa dimakan semua kalangan dan harganya pun terjangkau tetapi kebanyakan kalangan remaja yang mendominan produk ini.
D&D disukai oleh semua kalangan karena:
·         D&D mampu memenuhi semua keinginan dan kebutuhan konsumen, dari mulai rasanya yang enak dan dapat diterima disemua kalangan dan berbeda dari donat lainnya.
·         D&D memakai teknologi canggih yang membuat pelanggan langsung menyukai dan membeli kembali produk D&D
·         D&D yang selalu mengikuti gaya hidup masyarakat Indonesia yang membuat pelanggan D&D pun menyukai dan nyaman berada di café D&D
·         D&D menyediakan customer service yang dapat menampung langsung semua kritik dan saran dari pelanggan, yang kemudian kritikan tersebut diterima untuk membangun D&D yanbg lebih maju.
·          D&D berbeda dengan para pesaingnya, karena mempunyai keunggulan yang sangat menguntungkan konsumen. Apabila konsumen malas untuk keluar maka bisa menggunakan jasa delivery di daerah sekitar pusat dan cabang-cabang D&D.

Segmentasi
D&D dapat mensegmentasikan pasarnya ke dalam 3 kelompok, yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.Dasar segmentasi D&D adalah semua kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa, karena produk donat D&D disukai oleh semua kalangan.Contohnya untuk anak-anak disediakan donat yang berbentuk animasi kartun kesukaan mereka, untuk remaja dan dewasa disediakan donat yang rasanya enak, manisnya yang tidak berlebihan yang membuat pelanggan dimanjakan oleh rasa dari donat tersebut.

4
Penentuan Target Market
Target market D&D adalah semua kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa tetapi lebih diutamakan remaja dan dewasa karena D&D melihat bahwa di Inonesia yang lebih banyak menyukai donat dan menyukai tempat untuk berkumpul bersama adalah kalangan remaja dan dewasa. Pertumbuhan taget market di Indonesia menurut D&D adalah lebih dominan remaja dan dewasa karena D&D selain membeli donat dapat dijadikan tempat berkumpul bersama ataupun nonton bareng yang membuat D&D disukai oleh remaja dan dewasa tetapi anak-anak pun dapat dimanjakan oleh donat yang beraneka bentuk animasi kartun yang mereka sukai yang menjadikan anak-anak pun menyukai donat D&D.

Situasi Persaingan
Situasi persaingan dalam bidang donat memang tidak terlalu banyak.Karena pesaingnya hanya j.co dan dunkin donuts yang familiar di benak pelanggan.Tetapi tidak menjadi masalah oleh D&D karena D&D merasa jauh lebih baik dari segi rasa, kualitas, fasilitas dan service yang diberikan. Tetapi D&D pun tidak diam begitu saja, tetap harus waspada karena bisa saja pesaing mereka mempunyai inovasi lebih baik dan melibihi D&D, maka D&D pun tiap tahunnya melalukan inovasi-inovasi terbaru seperti membuat resep baru, dan tema yang baru mengikuti gaya hidup masyarakat Indonesia yang menjadikan konsumen pun tidak bosan untuk membeli donat di D&D. memang banyak masyarakat yang membuka usaha di bidang donat, tetapi pangsa pasar berbeda, kualitas dan rasanya pun berbeda. D&D memfokuskan donat yang bercita rasa tinggi dan bahannya pun diimport langsung dari negeri Belanja yang menjadikan kualitasnya pun bagus dan konsumen pun tidak rugi untuk membelinya.Ini yang menjadikan positioning D&D mempunyai image baik dimasyarakat.


5
Tingkat Kekuatan
Kekuatan D&D bertahan dalam persaingan pasar cukup kuat.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor rasa yang dapat memanjakan lidah konsumen, fasilitas yang dapat memuaskan konsumen dan service jasa berupa delivery dan drivetrue.Semua itu merupakan kekuatan yang cukup bagus dari pesaing dan kelebihan yang dimiliki D&D dan pesaing pun tidak memilikinya.
Strategi
Strategi utama D&D dalam mengatasi situasi persaingan yang ada, selalu melakukan inovasi yang berbeda, baik dari segi kualitas bahan baku, pelayanan terhadap konsumen, dan membagi tempat ke dalam 3 bagian sesuai dengan target marketnya. Terkadang konsumen yang menginginkan produk perusahaan, tetapi mereka enggan untuk mendatangi gerai kita, biasanya mereka tidak jadi membeli.Hal ini justru merugikan perusahaan karena tidak menambah profit.Kebanyakan para pesaing tidak memperdulikan hal ini.D&D menganggap masalah ini penting, oleh karena itu D&D menyediakan layanan delivery bagi konsumen yang berada di wilayah, cabang, dan pusat tempat D&D berada.
Pola Reaksi
Pola reaksi masyarakat menanggapi terhadap produk D&D berbeda-beda, sebagian besar mereka menyukai produk D&D.  Sejauh ini kami berkembang masyarakat tidak ada yang memberikan kritik secara langsung pada D&D, akan tetapi jika saran dari pelanggan kita tamping, sebagai masukan agar D&D terus berkembang.
Strategi Diferensiasi & Potitioning
Yang membedakan penawaran yang diberikan D&D kepada konsumen dibanding pesaing adalah layanan yang berbeda dari pesaing pada umumnya.D&D memberi layanan berupa delivery dan drivetrue. D&D pun memberi fasilitas yang menarik bagi konsumen seperti contohnya ruangan khusus arena bermain anak yang pesaing tidak memilikinya, live music serta fasilitas nonton bareng.
6
Ini semua merupakan penawaran yang sangat menguntungkan baik bagi konsumen maupun D&D nya tersendiri. Karena menurut D&D kepuasan konsumen merupakan semangat tersendiri bagi D&D. dan ini pun membuat D&D semakin berkembang di bidang industry donat.
Rencana Produk
Tingkat pengembangan produk
D&D tidak begitu saja berpuas hati dalam memasarkan produknya.D&D trus melakukan pengembangan inovasi terbaru baik terhadap produknya maupun layanannya. Ini disebabkan karena D&D mengerti bahwa konsumen memiliki rasa bosan dan dengan itu pula D&D membuat inovasi terbaru dan layanan terbaru yang berbeda dengan pesaing-pesaing lainnya agar konsumen tidak merasa bosan dan setia terhadap produk D&D. Rencana yang akan datang D&D akan membuka cabang di wilayah lainnya.
Mengapa kita memakai merek D&D dikarenakan kita berfikir pada saat ini konsumen lebih menyukai nama yang unik dan membuat penasaran konsumen. Tetapi dalam segi rasa dan service pun tidak kalah bagusnya. Contohnya D&D memberi nama pada salah satu donatnya yaitu Chizmond (Chesse Almond) dan minuman unggulannya Chobeer Float ( Chocolate dicapur dengan beer diatasnya diberi ice cream vanilla). Dan dessertnya berupa La-fruit (Salad dicampur dengan saus buah-buahan).Nama ini dibuat karena unik tetapi tidak pasaran dan rasanya pun dapat memanjakan lidah konsumen yang memakannya.
Strategi bauran produk
Bauran produk D&D
·         Place
D&D memberikan tempat yang nyaman untuk pelanggan yang berminat kepada produknya. Tempat D&D cocok untuk segala usia karena satu tempat di bagi-bagi menjadi 3 bagian. Selain itu juga D&D membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar Bali

7
·         Produk
Produk D&D meskipun bahan bakunya berasal dari luar negeri, tetapi rasanya cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.Minuman-minuman yang ada di D&D sangatlah pas dilidah dan cocok untuk dinikmati bersama donatnya.Ada yang dingin dan juga ada yang panas.
·         Price
Harga yang ditawarkan D&D bervariasi sesuai dengan rasanya.Akan tetapi sesuai dengan perekonomian masyarakat. Jadi siapapun dan dari kalangan manapun dapat menikmati donat D&D. meskipun harganya tidak mahal/terjangkau, tetapi D&D memberikan kualitas yang baik pagi pelanggan

·         Promotion
D&D sangat gencar melakukan promosi berbagai macam produknya, agar produk D&D semakin dikenal masyarakat Indonesia.Baik melalui berbagai media cetak, audio visual, dan langsung memberikan brosur kepada pelanggan.Mengingat D&D adalah produk baru yang baru berdiri 3 tahun.
Keputusan merk
Merk D&D diciptakan atas kesepakatan ke 4 pemilknya.Kenapa dinamakan D&D? D&D itu singkatan dari donat & donut, donat adalah nama makanan dari bahasa Indonesia yang berbentuk bulat dan mempunyai berbagai varian rasa. Sedangkan donut adalah bahasa inggrisnya.
Kenapa memakai nama bahasa dari luar negri? Karena produk donat D&D adalah produk makanan asli buatan tangan dari Indonesia yang menggunakan bahan baku impor dari luar negeri yang berkualitas. Itu sebabnya pada akhirnya diambilah keputusan nama produknya adalah D&D (donat & donut)


8
Kemasan
Untuk urusan kemasan D&D menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang agar tidak terjadi global warming karena limbah jahat, dan bentuknyapun cukup unik berbeda dari yang lain.
Karena D&D salah satu perusahaan yang sangat mendukung pemerintah dalam mengurangi global warming dan limbah jahat, dan D&D pun memakai label yang dapat didaur ulang agar label tersebut tidak dibuang begitu saja, bisa didaur ulang dan dijual kembali.Walaupun memakai kemasan yang ramah ligkungan dan dapat diur ulang D&D mekreasikannya dengan sangat kreatif dan berelegan pas dengan donatnya yang rasanya berelegan.

Penetapan Harga
D&D sebelum menetapkan harga melakukan survey terhadap ekonomi masyarakat dan pesaing.D&D menetapkan harga yang ekonomis yang dijangkau oleh kalangan masyarakat di Indonesia tanpa mengurangi cita rasa D&D nya sendiri, kualitas dan layanan yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.Karena apabila kita salah menetapkan harga maka sangat besar kemungkinan konsumen atau pelanggan lari ke produk pesaing.Dengan harga, rasa dan fasilitas yang beraneka ragam sesuai dengan kantong konsumen, D&D mampu menarik konsumen.
Untuk beer memang D&D menarif harga yang cukup lumayan, yaitu antara Rp.30.000 sampai Rp.40.000 sesuai dengan rasa yang dipesan konsumen. Karena memang untuk beer berbeda target marketnya dengan produk donat. Untuk beer target marketnya adalah menengah keatas sehingga penetapan harga yang agak mahal tidak menjadi masalah.



10
Rentang Harga Produk
Apabila dilihat dari perbandingan harga yang ditawarkan oleh j.co maka rentang harganya tidak terlalu jauh.Produk unggulan D&D yang banyak diminati adalah chizzmond (cheese almond) yang kita tarifkan sebesar Rp. 7.500. Harga yang relatif murah untuk produk makanan yang menggunakan bahan-bahan import dari Belanda.
Kita bandingkan produk D&D chizzmond, yaitu donat yang lembut ditaburi kacang almond dan didalamnya diisi dengan keju yang lembut yang memanjakan lidah ditarif dengan harga 7.500.produk j.co yang bukan unggulan ditarif dengan harga Rp.6000, hanya berbeda sedikit saja dengan produk unggulan D&D. jadi rentang harga dengan pesaing memang dekat akan tetapi D&D memberikan kualitas yang lebih baik.
Pertimbangan 3C
Cost
Dari segi cost D&D memperkirakan biaya produksi secara keseluruhan sebesar Rp.20.000.000 per harinya. Dari harga tersebut D&D bisa memproduksi donat maksimal 1000 donat tiap harinya. Dan beer dan maksimal 40 beer sehari ditambah minuman-minuman lain yang  D&D sediakan.
Competitor
Harga produk unggulan j.co chizzmond seharga Rp.7500. Produk j.co meisisipi adalah produk yang full coklat kemudian ada taburan kacang yang memberikan cita rasa manis dilidah. Rentang harga dari perbandingan produk tersebut harga berbeda 1500 saja memang produk D&D lebih mahal tetapi kita menggunakan keju import disbanding j.co yang hanya ditaburi coklat saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk D&D yang unggul sedikit lebih mahal daripada pesaing yang memberikan harga Rp.6000 tetapi bukan produk unggulannya.Memang agak sedikit mahal tetapi dibandingi dengan kualitas bahan baku yang berkualitas tanpa harus mengurangi harga donat yang ada.
12
Cust DD
Harga produk D&D sangat dipengaruhi oleh keadaan perekonomian Indonesia. Apabila pada saat perekonomian di Indonesia sedang menurun maka harga pun ikut menurun tetapi jika naik maka harga donat D&D pun ikut naik. Jadi dapat dikatagorikan D&D termasuk elastis.
Strategi Adaptasi Harga
D&D tidak melakukan tariff yang berbeda pada setiap pengunjung. Harganya memang berbeda beda tergantung pada rasa produk tersebut. D&D memberikan diskon kepada pelanggan yang membeli donat khususnya dengan banyak. Apabila pelanggan yang membeli donat sebanyak 1 lusin, maka akan dikenakan diskon sebesar 5% dan untuk pembelian donat 1 kodi atau lebih maka D&D akan memberi tariff diskon 10%.

Saluran Pemasaran Distribusi
Lokasi distribusi produk dilakukan di wilayah pusat maupun cabang D&D berada karena proses pembuatan dan pengolahan D&D dilakukan dengan open kitchen, itu merupakan salah satu positioning D&D agar konsumen mengetahui proses pembuatan produk donat D&D.  jadi D&D hanya mendistribusikan bahan baku yang diperlukan oleh cabang, kemudian oleh cabang itu diolah menjadi donat. Jadi produk donat yang jadi tidak didistribusikan oleh D&D, D&D hanya mendistribusikan bahan bakunya ke cabang-cabangnya.
Pendistribusian donat dan minuman D&D tidak ada di took-toko kue dan roti manapun.Pendistribusian produk donat dan minuman D&D bisa konsumen langsung dapatkan di gerai D&D baik pusat maupun cabang.Karena cabang D&D sudah terdapat di beberapa kota besar di Indonesia. Itu memudahkan konsumen untuk merasakan prodak D&D.


13
Promosi
Karena D&D merupakan produk keluaran terbaru yang baru berdiri 3 tahun maka D&D harus gencar melakukan promosi yang bertujuan untuk:
1.      Agar produk D&D dapat dikenal masyarakat Indonesia sebagai donat yang memiliki kualitas dan beberapa keunggulan yang baik.
2.      Agar konsumen dapat mencoba produk D&D dan memiliki berbagai macam variasi rasa dan minuman yang berkualitas.
3.      Jika ada promo produk D&D yang baru maka D&D akan memproduksikannya seperti diskon, tester, agar konsumen mengetahuinya.
4.      Untuk meninggkatkan profit D&D karena dipromosikan secara gencar dan menarik banyak minat masyarakat.
Alasan utama D&D melakukan promosi adalah yaitu untuk agar produk D&D lebih dikenal masyarakat Indonesia dan meningkatkan profit D&D yang lebih banyak.
Media yang dipilih adalah:                                                                    
·                     Iklan televisi
·                     Koran
·                     Majalah
·                     Brosur
·                     Poster
·                     Billboard
·                     Radio
Untuk brosur D&D membutuhkan orang yang bisa mempromosikannya.Hal itu baik bagi masyarakat yang membutuhkan karena dapat menciptakan lapangan kerja baru.

14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar