Menjelaskan tentang hal-hal yang sering berkaitan
dengan proses manajemen. Manajemen diperlukan untuk dapat mengatur aktivitas
dalam suatu organisasi agar efektif dan efisien. Untu itu diperlukan seorang
manajer yang dalam pekerjaannya diharuskan memiliki keahlian manajeral
(managerial skill) dan menjalankan peran-perannya dalam organisasi.
Teori
manajemen kuno, yang menekankan adanya koordinasi, kerjasama, adanya
pencatatan, komuikasi dan pengendalan. Teori manajemen klasik, yang menekankan
pada pengembangan prinsip yang universal untuk digunakan dalaberbagai situasi
manajemen. Teori manajemen perilaku, yang menekanka kebutuhan manusia, kelompok
kerja, dan peran dari factor sosal dalam lingkunagan kerja. Teori Manajemen
Modern, yang menekankan pada pandangan bahwa organisasi falam lingkungan adalah
sebuah system.
Manajer
perlu mengetahui mengenai lingkungan yang mempengaruh organisasi, baik pengaruh
secara langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan langsung eksternal adalah
pihak-pihak yang mempengaruhi nasib organisasi secara langsung, dan berada di
luar organisasi. Lingkugan langsung internal, berada di dalam organsasi,
seperti karyawan, pemgang saham.
Manajemen
global merupakan kegiatan untuk aktivitas pemenuhan kebutuhan dengan membeli
dan menjual barang dan jasa dari atau ke Negara yang berbeda, dan manajer juga
harus memiliki sikap di lingkungan global, seperti:
a.
Sikap
etnocentris, adalah keyakinan parokialistis bahwa pendekatan dan praktek
manajemen yang paling baik adalah yang berasal dari Negara asalnya.
b.
Sikap
Policentris, pandangan bahwa para manajer di negeri tuan rumah, mengetahui cara
kerja terbaik untuk menjalankan bisnis mereka .
c.
Sikap
Geocentris, pandangan yang berorientasi pada dunia, sehingga cara kerja,
keputusan-keputusan bisnis yang dibuat harus berorientasi global.
Semua itu harus memiliki Etika dalam
organisasi, Etika adalah suatu set kepercayaan, standart, atau pemikiran yang
mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Moral adalah tradisi
kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah, dan hokum dapat didefinisikan sebagai
perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah,
rakyat, atau warga lainnya.
Perencanaan
penting untuk penetapan tujuan, merupakan langkah awal dari proses manajemen
yang lainnya, yaitu proses membandingkan, menilai, memilih alternative yag baik
dari kegiatan yang dilakukan dalam mencapai tujuan bersama. Keuntungan
perencanaan memberikan arah dan tujuan bagi perusahaan, menimbulkan
aktivitas-aktivitas yang teratur dan bermanfaat, perancanaan merangsang
prestasi, dan dapat meningkatkan koordinasi.
Manfaat
penggunaan system informasi manajemen. Keuntungan bagi proses planning adalah
setiap anggota organisasi bisa mendapatkan informasi secara cepat, sehingga
memungkinkan keterlibatan banyak orang dala proses perencanaan. Keuntungan bagi
proses organizing adalah penggunaan SIM dalap meningkatkan koordinasi antara
anggota organisasi.
Kebanyakan orang berfikir bahwa kepemimpinan
sama dengan manajemen. Pendapat tersebut tidak benar. Dimana terdaoat
sekelompok orang-orang, yang biasanya terdapat seorang pemimpin diantara
kelompok tersebut, dan untuk menjadi pemimpin tidaklah harus seorang manajer.
Tapi idealnya seorang manajer adalah seorang pemimpin. Model kepemimpinan
Hersey, teori ini mengembangjan model kepemimpinan dimana efekttivitas
kepemimpinan tergantung dari kesiapan bawahan. Kesiapan tersebut mencakup
kemauan untuk mencapai prestasi, untuk menerima tanggung jawab kemampuan
mengerjakan tugas.
Motivasi
merupakan proses psikologis yang mendasar dan merupakan salah satu factor
penentu dalam mencapai tujuan organisasi, dan motivasi umumnya dianggap sebagai
suatu hal yang baik atau positif. Alat motivasi ada 2, yaitu:
a.
Material
Adalah merupakan motivasi yang bersifat material sebagai imbalan
prestasi yang diberikannya, dan hal ini dapat diberikan berupa upah, gaji,
barang-barang dan lainnya.
b.
Non
material
Merupakan
motivasi yang tidak terbentuk materi. Yang termasuk nonmaterial ialah promosi,
diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan, pujian, sertifikat, piagam dan
lainnya
Fungsi
pengendalian (controlling) adalah merupakan fungsi terakhir dari proses
manajemen. Sasaran merupakan landasam peencanan. Sasaran akan memberikan arah
yang spesifik bagi manajer.
Keuntungan Pengambilan keputusan kelompok:
a.
Menghasilkan
alternative pengambila keputusan yang lebih banyal
b.
Mempunyai
pengetahuan yang lebih banyak diabndingkan dengan individu
c.
Pengambilan
keputusan dapat meningkatkan komitmen bersama
d.
Bila
pengambil keputusan ada dalam kelompok, amak akan dapat memahami persoalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar