Kamis, 09 Februari 2012

Pengantar Manajemen


Menjelaskan tentang hal-hal yang sering berkaitan dengan proses manajemen. Manajemen diperlukan untuk dapat mengatur aktivitas dalam suatu organisasi agar efektif dan efisien. Untu itu diperlukan seorang manajer yang dalam pekerjaannya diharuskan memiliki keahlian manajeral (managerial skill) dan menjalankan peran-perannya dalam organisasi.
            Teori manajemen kuno, yang menekankan adanya koordinasi, kerjasama, adanya pencatatan, komuikasi dan pengendalan. Teori manajemen klasik, yang menekankan pada pengembangan prinsip yang universal untuk digunakan dalaberbagai situasi manajemen. Teori manajemen perilaku, yang menekanka kebutuhan manusia, kelompok kerja, dan peran dari factor sosal dalam lingkunagan kerja. Teori Manajemen Modern, yang menekankan pada pandangan bahwa organisasi falam lingkungan adalah sebuah system.
            Manajer perlu mengetahui mengenai lingkungan yang mempengaruh organisasi, baik pengaruh secara langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan langsung eksternal adalah pihak-pihak yang mempengaruhi nasib organisasi secara langsung, dan berada di luar organisasi. Lingkugan langsung internal, berada di dalam organsasi, seperti karyawan, pemgang saham.
            Manajemen global merupakan kegiatan untuk aktivitas pemenuhan kebutuhan dengan membeli dan menjual barang dan jasa dari atau ke Negara yang berbeda, dan manajer juga harus memiliki sikap di lingkungan global, seperti:
a.       Sikap etnocentris, adalah keyakinan parokialistis bahwa pendekatan dan praktek manajemen yang paling baik adalah yang berasal dari Negara asalnya.
b.      Sikap Policentris, pandangan bahwa para manajer di negeri tuan rumah, mengetahui cara kerja terbaik untuk menjalankan bisnis mereka .
c.       Sikap Geocentris, pandangan yang berorientasi pada dunia, sehingga cara kerja, keputusan-keputusan bisnis yang dibuat harus berorientasi global.
Semua itu harus memiliki Etika dalam organisasi, Etika adalah suatu set kepercayaan, standart, atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok atau masyarakat. Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar dan salah, dan hokum dapat didefinisikan sebagai perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah, rakyat, atau warga lainnya.
            Perencanaan penting untuk penetapan tujuan, merupakan langkah awal dari proses manajemen yang lainnya, yaitu proses membandingkan, menilai, memilih alternative yag baik dari kegiatan yang dilakukan dalam mencapai tujuan bersama. Keuntungan perencanaan memberikan arah dan tujuan bagi perusahaan, menimbulkan aktivitas-aktivitas yang teratur dan bermanfaat, perancanaan merangsang prestasi, dan dapat meningkatkan koordinasi.
            Manfaat penggunaan system informasi manajemen. Keuntungan bagi proses planning adalah setiap anggota organisasi bisa mendapatkan informasi secara cepat, sehingga memungkinkan keterlibatan banyak orang dala proses perencanaan. Keuntungan bagi proses organizing adalah penggunaan SIM dalap meningkatkan koordinasi antara anggota organisasi.
Kebanyakan orang berfikir bahwa kepemimpinan sama dengan manajemen. Pendapat tersebut tidak benar. Dimana terdaoat sekelompok orang-orang, yang biasanya terdapat seorang pemimpin diantara kelompok tersebut, dan untuk menjadi pemimpin tidaklah harus seorang manajer. Tapi idealnya seorang manajer adalah seorang pemimpin. Model kepemimpinan Hersey, teori ini mengembangjan model kepemimpinan dimana efekttivitas kepemimpinan tergantung dari kesiapan bawahan. Kesiapan tersebut mencakup kemauan untuk mencapai prestasi, untuk menerima tanggung jawab kemampuan mengerjakan tugas.
            Motivasi merupakan proses psikologis yang mendasar dan merupakan salah satu factor penentu dalam mencapai tujuan organisasi, dan motivasi umumnya dianggap sebagai suatu hal yang baik atau positif. Alat motivasi ada 2, yaitu:
a.       Material
Adalah merupakan motivasi yang bersifat material sebagai imbalan prestasi yang diberikannya, dan hal ini dapat diberikan berupa upah, gaji, barang-barang dan lainnya.
b.      Non material
Merupakan motivasi yang tidak terbentuk materi. Yang termasuk nonmaterial ialah promosi, diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan, pujian, sertifikat, piagam dan lainnya
            Fungsi pengendalian (controlling) adalah merupakan fungsi terakhir dari proses manajemen. Sasaran merupakan landasam peencanan. Sasaran akan memberikan arah yang spesifik bagi manajer.
Keuntungan Pengambilan keputusan kelompok:
a.       Menghasilkan alternative pengambila keputusan yang lebih banyal
b.      Mempunyai pengetahuan yang lebih banyak diabndingkan dengan individu
c.       Pengambilan keputusan dapat meningkatkan komitmen bersama
d.      Bila pengambil keputusan ada dalam kelompok, amak akan dapat memahami persoalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar