D&D (Donat&Donuts)
Sejarah
D&D (Donat&Donuts)
D&D
adalah produk donat terbaru yang lahir pada tanggal 09 September 2009 didirikan
oleh mahasiswa Widyatama Bandung semester 3 yang bernama Destia Eka Putri, Sitti
Halimah Kuswara, Putri Amanda dan Annesa Halimansyah. Produk ini asli buatan
tangan Indonesia dengan bahan import dari negri Kincir Angin Belanda. D&D pertama kali meluncurkan produk donatnya
di Paris Van Java Bandung yang sekaligus menjadi pusatnya, dengan produk
unggulan Chizmond (Chesse Almond) dan minuman unggulannya Chobeer Float (
Chocolate dicapur dengan beer diatasnya diberi ice cream vanilla),dan
dessertnya berupa La-fruit (Salad dicampur dengan saus buah beraneka rasa).D&D
donat mempunyai beberapa cabang di Indonesia tepatnya di kota-kota besar
seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpansar Bali.
Kelebihan
D&D donut Dibanding Pesaing
Keunggulan
D&D donut dengan donut lainnya adalah:
·
Proses pembuatannya yang berbeda dari
donut lainnya, seperti contohnya pelanggan anak-anak dapat menentukan sendiri
bentuk donat yang diinginkan. Ada beberapa pilihan bentuk seperti Dinosaurus,
Astro Boy, Spongebob, Dora, dan bentuk-bentuk tokoh animasi lainnya.
·
Bahan-bahan D&D yang diimport
langsung dari Belanda.
·
Tempatnya yang nyaman dan didalam satu
café dibagi menjadi beberapa tempat, untuk anak-anak ada khusus ruang anak-anak
dilengkapi tempat bermain, untuk remaja dan dewasa ada tempat khusus dilengkapi
dengan smoking area dan tempat nonton bersama.
·
Terdapat bar table untuk memudahkan
pelanggan memilih produk sesuai warna piring, yaitu piring merah berharga Rp. 5500,
piring berwarna biru Rp.6500, dan piring berwarna hijau Rp.7500.
·
Memiliki jasa service Drive Thru.
·
Memiliki jasa delivery service dan
diakses dari web.
1
·
Live Music dan Wi-fi
·
Dan jalur antri lebih dari 1, berbeda
dengan pesaing-pesaingnya.
Lingkungan Makro D&D Donut
Ekonomi
·
Target market D&D mentargetkan pasar
marketnya kepada masyarakat kalangan menengah keatas. Donut D&D menawarkan
harga yang relatif bisa dibeli oleh masyarakat semua kalangan, akan tetapi
untuk produk minuman D&D menetapkan harga diatas rata-rata yang menjadikan
target pasarnya menengah keatas. Oleh karena itu semakin lama peminat D&D
semakin banyak dan menyebabkan bertambahnya profit bagi perusahaan D&D, dan
perekonomian D&D berada pada kondisi meningkat.
Demografi
·
Life style masyarakat semakin berkembang
mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu D&D dalam pengembangan
produknya selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada. Dimulai dari anak-anak
yang menyukai animasi kartun dapat diwujudkan dengan produk D&D berupa
donat berbentuk animasi kartun yang anak-anak inginkan. Untuk remaja dan dewasa
pada umumnya dilenggapi fasilitas untuk berkumpul bersama teman-temannya
ataupun nonton bareng, D&D menyediakan live music dan fasilitas nonton
bersama. Rasa donatnya pun bervariasi dan bermutu tinggi karena bahan-bahannya
pun di import langsung dari Belanda.
Lingkungan Alam
·
D&D berada di kota-kota pilihan di
Indonesia yang lokasinya sangat strategis. Seperti di Jakarta D&D membuka
gerai di Grand Indonesia dan Pondok Indah Mall. Di Bandung D&D membuka
gerai di Paris Van Java. Surabaya D&D membuka gerai di Tunjungan Plaza 1.
Dan di Bali membuka gerai di Kuta Bali .
2
Teknologi
·
Mesin pembuatan D&D menggunakan
teknologi yang canggih diimport langsung dari Jepang
·
Menggunakan teknologi canggih pada
setiap tempat, contohnya jiga ada pemesanan menggunakan I pad
·
Pembuatan kue donatnya pun memakai robot
canggih. Jadi pelanggan tidak bosan untuk berada di cafe D&D karena adanya
atraksi robot pembuatan donat
Sosial
Budaya
·
D&D senantiasa memberikan produk
yang halal dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Dan menjadikan D&D
makanan yang disukai oleh semua kalangan mau itu anak-anak, remaja, dewasa,
maupun orang tua.
·
D&D mempunyai banyak macam rasa yang
menjadikan D&D pun disukai oleh semua kalangan di Indonesia. D&D pun
dapat menyesuaikan rasa setiap kota yang menjadikan D&D diterima oleh
pangsa pasar dimanapu.
Hukum
·
D&D selalu mengikuti dan mentaatin
peraturan uandang-undang yang ada di Indonesia, contohnya seperti membayar
pajak, tidak melanggar undang-undang perlindungan konsumen, dan tidak melanggar
undang-undang kesehatan.
3
Situasi
Pasar
D&D mempunyai target market pada
semua kalangan bisa anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua karena
produknya yang bisa dimakan semua kalangan dan harganya pun terjangkau tetapi
kebanyakan kalangan remaja yang mendominan produk ini.
D&D
disukai oleh semua kalangan karena:
·
D&D mampu memenuhi semua keinginan
dan kebutuhan konsumen, dari mulai rasanya yang enak dan dapat diterima disemua
kalangan dan berbeda dari donat lainnya.
·
D&D memakai teknologi canggih yang
membuat pelanggan langsung menyukai dan membeli kembali produk D&D
·
D&D yang selalu mengikuti gaya hidup
masyarakat Indonesia yang membuat pelanggan D&D pun menyukai dan nyaman
berada di café D&D
·
D&D menyediakan customer service
yang dapat menampung langsung semua kritik dan saran dari pelanggan, yang
kemudian kritikan tersebut diterima untuk membangun D&D yanbg lebih maju.
·
D&D berbeda dengan para pesaingnya, karena
mempunyai keunggulan yang sangat menguntungkan konsumen. Apabila konsumen malas
untuk keluar maka bisa menggunakan jasa delivery di daerah sekitar pusat dan
cabang-cabang D&D.
Segmentasi
D&D
dapat mensegmentasikan pasarnya ke dalam 3 kelompok, yaitu anak-anak, remaja
dan dewasa.Dasar segmentasi D&D adalah semua kalangan baik anak-anak,
remaja, maupun dewasa, karena produk donat D&D disukai oleh semua
kalangan.Contohnya untuk anak-anak disediakan donat yang berbentuk animasi
kartun kesukaan mereka, untuk remaja dan dewasa disediakan donat yang rasanya
enak, manisnya yang tidak berlebihan yang membuat pelanggan dimanjakan oleh
rasa dari donat tersebut.
4
Penentuan Target Market
Target
market D&D adalah semua kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa
tetapi lebih diutamakan remaja dan dewasa karena D&D melihat bahwa di
Inonesia yang lebih banyak menyukai donat dan menyukai tempat untuk berkumpul
bersama adalah kalangan remaja dan dewasa. Pertumbuhan taget market di
Indonesia menurut D&D adalah lebih dominan remaja dan dewasa karena D&D
selain membeli donat dapat dijadikan tempat berkumpul bersama ataupun nonton
bareng yang membuat D&D disukai oleh remaja dan dewasa tetapi anak-anak pun
dapat dimanjakan oleh donat yang beraneka bentuk animasi kartun yang mereka
sukai yang menjadikan anak-anak pun menyukai donat D&D.
Situasi Persaingan
Situasi
persaingan dalam bidang donat memang tidak terlalu banyak.Karena pesaingnya
hanya j.co dan dunkin donuts yang familiar di benak pelanggan.Tetapi tidak
menjadi masalah oleh D&D karena D&D merasa jauh lebih baik dari segi
rasa, kualitas, fasilitas dan service yang diberikan. Tetapi D&D pun tidak
diam begitu saja, tetap harus waspada karena bisa saja pesaing mereka mempunyai
inovasi lebih baik dan melibihi D&D, maka D&D pun tiap tahunnya
melalukan inovasi-inovasi terbaru seperti membuat resep baru, dan tema yang
baru mengikuti gaya hidup masyarakat Indonesia yang menjadikan konsumen pun
tidak bosan untuk membeli donat di D&D. memang banyak masyarakat yang
membuka usaha di bidang donat, tetapi pangsa pasar berbeda, kualitas dan
rasanya pun berbeda. D&D memfokuskan donat yang bercita rasa tinggi dan
bahannya pun diimport langsung dari negeri Belanja yang menjadikan kualitasnya
pun bagus dan konsumen pun tidak rugi untuk membelinya.Ini yang menjadikan
positioning D&D mempunyai image baik dimasyarakat.
5
Tingkat Kekuatan
Kekuatan
D&D bertahan dalam persaingan pasar cukup kuat.Hal ini disebabkan oleh
beberapa faktor rasa yang dapat memanjakan lidah konsumen, fasilitas yang dapat
memuaskan konsumen dan service jasa berupa delivery dan drivetrue.Semua itu
merupakan kekuatan yang cukup bagus dari pesaing dan kelebihan yang dimiliki
D&D dan pesaing pun tidak memilikinya.
Strategi
Strategi
utama D&D dalam mengatasi situasi persaingan yang ada, selalu melakukan
inovasi yang berbeda, baik dari segi kualitas bahan baku, pelayanan terhadap
konsumen, dan membagi tempat ke dalam 3 bagian sesuai dengan target marketnya.
Terkadang konsumen yang menginginkan produk perusahaan, tetapi mereka enggan
untuk mendatangi gerai kita, biasanya mereka tidak jadi membeli.Hal ini justru
merugikan perusahaan karena tidak menambah profit.Kebanyakan para pesaing tidak
memperdulikan hal ini.D&D menganggap masalah ini penting, oleh karena itu
D&D menyediakan layanan delivery bagi konsumen yang berada di wilayah,
cabang, dan pusat tempat D&D berada.
Pola Reaksi
Pola
reaksi masyarakat menanggapi terhadap produk D&D berbeda-beda, sebagian
besar mereka menyukai produk D&D.
Sejauh ini kami berkembang masyarakat tidak ada yang memberikan kritik
secara langsung pada D&D, akan tetapi jika saran dari pelanggan kita
tamping, sebagai masukan agar D&D terus berkembang.
Strategi Diferensiasi &
Potitioning
Yang
membedakan penawaran yang diberikan D&D kepada konsumen dibanding pesaing
adalah layanan yang berbeda dari pesaing pada umumnya.D&D memberi layanan
berupa delivery dan drivetrue. D&D pun memberi fasilitas yang menarik bagi
konsumen seperti contohnya ruangan khusus arena bermain anak yang pesaing tidak
memilikinya, live music serta fasilitas nonton bareng.
6
Ini
semua merupakan penawaran yang sangat menguntungkan baik bagi konsumen maupun
D&D nya tersendiri. Karena menurut D&D kepuasan konsumen merupakan
semangat tersendiri bagi D&D. dan ini pun membuat D&D semakin
berkembang di bidang industry donat.
Rencana Produk
Tingkat pengembangan produk
D&D
tidak begitu saja berpuas hati dalam memasarkan produknya.D&D trus
melakukan pengembangan inovasi terbaru baik terhadap produknya maupun
layanannya. Ini disebabkan karena D&D mengerti bahwa konsumen memiliki rasa
bosan dan dengan itu pula D&D membuat inovasi terbaru dan layanan terbaru
yang berbeda dengan pesaing-pesaing lainnya agar konsumen tidak merasa bosan
dan setia terhadap produk D&D. Rencana yang akan datang D&D akan
membuka cabang di wilayah lainnya.
Mengapa
kita memakai merek D&D dikarenakan kita berfikir pada saat ini konsumen
lebih menyukai nama yang unik dan membuat penasaran konsumen. Tetapi dalam segi
rasa dan service pun tidak kalah bagusnya. Contohnya D&D memberi nama pada
salah satu donatnya yaitu Chizmond (Chesse Almond) dan minuman unggulannya
Chobeer Float ( Chocolate dicapur dengan beer diatasnya diberi ice cream
vanilla). Dan dessertnya berupa La-fruit (Salad dicampur dengan saus
buah-buahan).Nama ini dibuat karena unik tetapi tidak pasaran dan rasanya pun
dapat memanjakan lidah konsumen yang memakannya.
Strategi bauran produk
Bauran
produk D&D
·
Place
D&D
memberikan tempat yang nyaman untuk pelanggan yang berminat kepada produknya.
Tempat D&D cocok untuk segala usia karena satu tempat di bagi-bagi menjadi
3 bagian. Selain itu juga D&D membuka cabang di kota-kota besar di
Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Denpasar Bali
7
·
Produk
Produk
D&D meskipun bahan bakunya berasal dari luar negeri, tetapi rasanya cocok
untuk lidah masyarakat Indonesia.Minuman-minuman yang ada di D&D sangatlah
pas dilidah dan cocok untuk dinikmati bersama donatnya.Ada yang dingin dan juga
ada yang panas.
·
Price
Harga
yang ditawarkan D&D bervariasi sesuai dengan rasanya.Akan tetapi sesuai
dengan perekonomian masyarakat. Jadi siapapun dan dari kalangan manapun dapat
menikmati donat D&D. meskipun harganya tidak mahal/terjangkau, tetapi
D&D memberikan kualitas yang baik pagi pelanggan
·
Promotion
D&D
sangat gencar melakukan promosi berbagai macam produknya, agar produk D&D semakin
dikenal masyarakat Indonesia.Baik melalui berbagai media cetak, audio visual,
dan langsung memberikan brosur kepada pelanggan.Mengingat D&D adalah produk
baru yang baru berdiri 3 tahun.
Keputusan merk
Merk
D&D diciptakan atas kesepakatan ke 4 pemilknya.Kenapa dinamakan D&D?
D&D itu singkatan dari donat & donut, donat adalah nama makanan dari
bahasa Indonesia yang berbentuk bulat dan mempunyai berbagai varian rasa.
Sedangkan donut adalah bahasa inggrisnya.
Kenapa
memakai nama bahasa dari luar negri? Karena produk donat D&D adalah produk
makanan asli buatan tangan dari Indonesia yang menggunakan bahan baku impor
dari luar negeri yang berkualitas. Itu sebabnya pada akhirnya diambilah
keputusan nama produknya adalah D&D (donat & donut)
8
Kemasan
Untuk
urusan kemasan D&D menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat
didaur ulang agar tidak terjadi global warming karena limbah jahat, dan
bentuknyapun cukup unik berbeda dari yang lain.
Karena
D&D salah satu perusahaan yang sangat mendukung pemerintah dalam mengurangi
global warming dan limbah jahat, dan D&D pun memakai label yang dapat
didaur ulang agar label tersebut tidak dibuang begitu saja, bisa didaur ulang
dan dijual kembali.Walaupun memakai kemasan yang ramah ligkungan dan dapat diur
ulang D&D mekreasikannya dengan sangat kreatif dan berelegan pas dengan
donatnya yang rasanya berelegan.
Penetapan Harga
D&D
sebelum menetapkan harga melakukan survey terhadap ekonomi masyarakat dan
pesaing.D&D menetapkan harga yang ekonomis yang dijangkau oleh kalangan
masyarakat di Indonesia tanpa mengurangi cita rasa D&D nya sendiri,
kualitas dan layanan yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.Karena apabila
kita salah menetapkan harga maka sangat besar kemungkinan konsumen atau
pelanggan lari ke produk pesaing.Dengan harga, rasa dan fasilitas yang beraneka
ragam sesuai dengan kantong konsumen, D&D mampu menarik konsumen.
Untuk
beer memang D&D menarif harga yang cukup lumayan, yaitu antara Rp.30.000
sampai Rp.40.000 sesuai dengan rasa yang dipesan konsumen. Karena memang untuk
beer berbeda target marketnya dengan produk donat. Untuk beer target marketnya
adalah menengah keatas sehingga penetapan harga yang agak mahal tidak menjadi
masalah.
10
Rentang Harga Produk
Apabila
dilihat dari perbandingan harga yang ditawarkan oleh j.co maka rentang harganya
tidak terlalu jauh.Produk unggulan D&D yang banyak diminati adalah
chizzmond (cheese almond) yang kita tarifkan sebesar Rp. 7.500. Harga yang
relatif murah untuk produk makanan yang menggunakan bahan-bahan import dari
Belanda.
Kita
bandingkan produk D&D chizzmond, yaitu donat yang lembut ditaburi kacang
almond dan didalamnya diisi dengan keju yang lembut yang memanjakan lidah
ditarif dengan harga 7.500.produk j.co yang bukan unggulan ditarif dengan harga
Rp.6000, hanya berbeda sedikit saja dengan produk unggulan D&D. jadi
rentang harga dengan pesaing memang dekat akan tetapi D&D memberikan
kualitas yang lebih baik.
Pertimbangan 3C
Cost
Dari
segi cost D&D memperkirakan biaya produksi secara keseluruhan sebesar
Rp.20.000.000 per harinya. Dari harga tersebut D&D bisa memproduksi donat
maksimal 1000 donat tiap harinya. Dan beer dan maksimal 40 beer sehari ditambah
minuman-minuman lain yang D&D
sediakan.
Competitor
Harga
produk unggulan j.co chizzmond seharga Rp.7500. Produk j.co meisisipi adalah
produk yang full coklat kemudian ada taburan kacang yang memberikan cita rasa
manis dilidah. Rentang harga dari perbandingan produk tersebut harga berbeda
1500 saja memang produk D&D lebih mahal tetapi kita menggunakan keju import
disbanding j.co yang hanya ditaburi coklat saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa
produk D&D yang unggul sedikit lebih mahal daripada pesaing yang memberikan
harga Rp.6000 tetapi bukan produk unggulannya.Memang agak sedikit mahal tetapi
dibandingi dengan kualitas bahan baku yang berkualitas tanpa harus mengurangi
harga donat yang ada.
12
Cust DD
Harga
produk D&D sangat dipengaruhi oleh keadaan perekonomian Indonesia. Apabila
pada saat perekonomian di Indonesia sedang menurun maka harga pun ikut menurun
tetapi jika naik maka harga donat D&D pun ikut naik. Jadi dapat
dikatagorikan D&D termasuk elastis.
Strategi Adaptasi Harga
D&D
tidak melakukan tariff yang berbeda pada setiap pengunjung. Harganya memang
berbeda beda tergantung pada rasa produk tersebut. D&D memberikan diskon
kepada pelanggan yang membeli donat khususnya dengan banyak. Apabila pelanggan
yang membeli donat sebanyak 1 lusin, maka akan dikenakan diskon sebesar 5% dan
untuk pembelian donat 1 kodi atau lebih maka D&D akan memberi tariff diskon
10%.
Saluran Pemasaran Distribusi
Lokasi
distribusi produk dilakukan di wilayah pusat maupun cabang D&D berada
karena proses pembuatan dan pengolahan D&D dilakukan dengan open kitchen,
itu merupakan salah satu positioning D&D agar konsumen mengetahui proses
pembuatan produk donat D&D. jadi
D&D hanya mendistribusikan bahan baku yang diperlukan oleh cabang, kemudian
oleh cabang itu diolah menjadi donat. Jadi produk donat yang jadi tidak
didistribusikan oleh D&D, D&D hanya mendistribusikan bahan bakunya ke
cabang-cabangnya.
Pendistribusian
donat dan minuman D&D tidak ada di took-toko kue dan roti manapun.Pendistribusian
produk donat dan minuman D&D bisa konsumen langsung dapatkan di gerai
D&D baik pusat maupun cabang.Karena cabang D&D sudah terdapat di
beberapa kota besar di Indonesia. Itu memudahkan konsumen untuk merasakan
prodak D&D.
13
Promosi
Karena
D&D merupakan produk keluaran terbaru yang baru berdiri 3 tahun maka
D&D harus gencar melakukan promosi yang bertujuan untuk:
1. Agar
produk D&D dapat dikenal masyarakat Indonesia sebagai donat yang memiliki
kualitas dan beberapa keunggulan yang baik.
2. Agar
konsumen dapat mencoba produk D&D dan memiliki berbagai macam variasi rasa
dan minuman yang berkualitas.
3. Jika
ada promo produk D&D yang baru maka D&D akan memproduksikannya seperti
diskon, tester, agar konsumen mengetahuinya.
4. Untuk
meninggkatkan profit D&D karena dipromosikan secara gencar dan menarik banyak
minat masyarakat.
Alasan
utama D&D melakukan promosi adalah yaitu untuk agar produk D&D lebih
dikenal masyarakat Indonesia dan meningkatkan profit D&D yang lebih banyak.
Media yang dipilih adalah:
·
Iklan televisi
·
Koran
·
Majalah
·
Brosur
·
Poster
·
Billboard
·
Radio
Untuk
brosur D&D membutuhkan orang yang bisa mempromosikannya.Hal itu baik bagi
masyarakat yang membutuhkan karena dapat menciptakan lapangan kerja baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar