

NAMA : DESTIA
EKA PUTRI
NPM :
0210u005
JURUSAN : S1
MANAJEMEN
UNIVERSITAS WIDYATAMA
FAKULTAS BISNIS MANAJEMEN
BANDUNG
2011
Kata Pengantar
Assalamualaikum, wr,
wb.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan karunia-Nya, sehingga pada
akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Yang mana, tugas
akhir ini penulis sajikan dalam bentuk makalah yang sederhana. Adapun judul
penulisan proposal yang penulis ambil adalah “ Analisa Marketing Mix pada
produk bermerek Mercedes benz”.
Tujuan penulisan tugas ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan pada mata kuliah praktikum pemasaran, untuk dapat menuntaskan tugas ujian tengah semester , di semester 3 pada Program Studi Bisnis dan Manajemen Jurusan S1 Manajemen di Universitas Widyatama.
Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil bahan berdasarkan hasil penelitian (analisa), dan beberapa sumber literatur serta pengetahuan penulis mengenai analisa marketing mix dan STP (segmenting, targeting, dan potitioning) yang dapat mendukung penulisan ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan di dalam Tugas UTS ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Terima kasih.
Bandung,
November 2011
i
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul
Kata Pengantar………………………………………………………………………………
i
Halaman Daftar Isi ………………………………………………………………………..
ii
Daftar Gambar………………………………………………………………………………
iii
BAB
I PENDAHULUAN…………………………………………………………………. 1
1.1 Latar Belakang Penelitian
……………………………………………………….. 1
1.2 Identifikasi Masalah
………………………………………………................... 2
1.2.1
Menganalisa Marketing mix 2……………………………………...
2
1.2.2
Menganalisa STP (Segmenting Targeting Potitioning)…… 2
1.2.3
Pembahasan Kasus 2……………………………………………………. 2
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian
………………………………………………… 3
BAB
II………………………………………………………………………………………….. 4
2.1 Objek
Penelitian………………………………………………………………………. 4
2.2 Teori Marketing Mix ………………………………………………………………...
5
BAB
III Menganalisa Marketing Mix……………………………………………… 9
BAB
IV Kesimpulan…………..…………………………………………………………. 16
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………..
. 16
5.2 Saran…………………………………………………………………………………………
17
ii
Daftar Gambar
G-Class
|
||
|
||
E-Class
|
|
![]() |
GL-Class
|
|
![]() |
M-Class
|
|
![]() |
McLaren
SLR
|
|
![]() |
R-Class
|
|
![]() |
iii
SL-Class
|
![]() |
SLK-Class
|
|
![]() |
SSK (1927-1932)
|
|
![]() |
300D (1975-1985)
|
|
![]() |
iv
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar belakang penelitian
Pemasaran sangatlah penting dalam perusahaan
dengan bertujuan agar perusahaan tersebut dapat mempertahankan kelangsungan perusahaannya,
untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu
dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan
tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran
perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika
menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang
lebih baik terhadap perusahaan. Disini kita membahas tentang perusahaan
Mercedes Benz, yang kita kenal dengan target market kalangan menengah keatas,
bagaimana kita memahi cara perusahaan Mercedes dapat terus berlangsung hingga
sekarang, dengan menganalisa marketing mix dan STP atau segmentasi targeting
dan potitioning dimana marketing mix itu merupakan dimana konsep tersebut
adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan
perusahaan dalam mengejar maksimum profit. Sehingga kita mengetahui dengan cara
menganalisa perusahaan Mercedes benz tersebut.
1
1.2 Identifikasi masalah
Rumusan dari
makalah ini adalah:
1.2.1 Menganalisa Marketing mix:
1. Analisa Produk
2. Analisa Place
3. Analisa Price
4. Analisa Promotion
5. Analisa Process
6. Analisa Phisical Evidence
7. Analisa People
1.2.2 Menganalisa STP (Segmenting Targeting Potitioning)
1. Definisi Segmenting, Targeting, Potitioning
2. Proses Segmenting dan Targeting
3. Potitioning pada perusahaan
1.2.3 Pembahasan Kasus
2
1.3 Maksud dan tujuan Penelitian
Penyusunan
makalah analysis Marketing Mix ini dimaksudkan agar kita mengetahui bagaimana
cara pemasaran di dalam produk tersebut. Produk yang sedang kita bahas disini
mengenai Mercedes Benz, mencoba untuk menganalisa marketing dari produk
tersebut,Mercedes Benz merupakan sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi berbagai macam kendaraan
seperti mobil, truk, dan bus. Dengan pembuatan makalah ini mahasiswa diharapkan
akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang proses marketing. Melalui
makalah ini mahasiswa dilatih untuk menganalisis marketing mix, segmenting,
targeting, dan potitioning dari sebuah perusahaan.
Untuk dapat
mengerjakan kasus kasus dalam makalah ini, mahasiswa harus sudah mengikuti
perkuliahan dikelas regular dan dikelas praktikum pemasaran yang dibina oleh
dosen Pembina mata kuliah pemasaran masing masing, dan telah mengikuti mata
kuliah manajemen.
3
BAB II
2.1 Objek penelitian
Profil perusahaan
Mercedes-Benz di Indonesia terdiri dari
tigaperusahaan, yaitu PTMercedes-Benz
Indonesia, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesiadan PTBintangEngineIndonesia.Kantor
Jakartaberlokasi digedung BankDeutschebergengsidi Jakarta, sementara 42-hektar pabrik kamidiWanaherang, Gunung Putri, Bogor, dan
Setelah-Sales kantor kamiterletakdi Ciputat.
PT Mercedes-Benz Indonesia adalahsebuah perusahaan investasi100% asing,yang dimilikioleh DaimlerAG, Stuttgart(89,21%) dan DaimlerProyekKonsultasikan, Jerman (10,79%). Ini adalahAgenAssembler, Tunggaldan ProdusenMercedes-Benz di Indonesia.
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesiaadalah sebuahperusahaan patungan, yang dimiliki oleh DaimlerAG, Stuttgart(43%), PT Mercedes-Benz Indonesia (52%) dan mitraIndonesiaMrIwanValiantJoesoef, Jakarta(5%). Iniadalah distributorutama untukPT Mercedes-Benz Indonesia, bertanggung jawab untuk pemasaranprodukMercedes-Benz di Indonesia.
PT Mercedes-Benz Indonesia adalahsebuah perusahaan investasi100% asing,yang dimilikioleh DaimlerAG, Stuttgart(89,21%) dan DaimlerProyekKonsultasikan, Jerman (10,79%). Ini adalahAgenAssembler, Tunggaldan ProdusenMercedes-Benz di Indonesia.
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesiaadalah sebuahperusahaan patungan, yang dimiliki oleh DaimlerAG, Stuttgart(43%), PT Mercedes-Benz Indonesia (52%) dan mitraIndonesiaMrIwanValiantJoesoef, Jakarta(5%). Iniadalah distributorutama untukPT Mercedes-Benz Indonesia, bertanggung jawab untuk pemasaranprodukMercedes-Benz di Indonesia.
Sejarah Mercedes-Benz-Mercedes
dikenal di seluruh dunia
sebagai simbol kekayaan dan kelas. Mercedes
Benz yang terkenal untuk kualitas dan daya tahan. Tahukah Anda bahwa
semua mobil
Mercedes secara pribadi ditandatangani untuk mempertahankan kualitas
dengan insinyur top di industri otomotif Sejarah Mercedes Benz kembali
hampir 150 tahun yang lalu kembali ketika Gottlieb
Daimler berkumpul dengan Karl Benz untuk membentuk merek
yang kita semua tahu hari ini.
Lebih dari seratus tahun lalu, kelahiran dua
orang mengatur sejarah Mercedes
Benz. Gottlieb Daimler lahir di Jerman. Satu dekade kemudian, Karl Benz lahir juga di
Jerman. Cukup menarik, ada 60 mil terpisah namun keduanya berbagi kepentingan
bersama.
4
2.2 Teori marketing mix
Konsep marketing mix
merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini.
Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat
menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.
Dalam hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Selanjutnya Kotler (1985 : 45-48) mengemukakan bahwa marketing mix dapat dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
Dalam hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Selanjutnya Kotler (1985 : 45-48) mengemukakan bahwa marketing mix dapat dibagi menjadi 4 P sebagai berikut :
1. Product (Produk)
2. Price (Harga)
3. Place (distribusi/tempat)
4. Promotion (promosi)
5. Process (proses)
6. Analisa physical evidence
7. Analisa People
Keempat produk di atas merupakan penentu dalam menganalisa pasar secara keseluruhan, selanjutnya penulis akan menguraikan keempat komponen di atas sebagai berikut :
1. Product (produk)
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan.
Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan.
5
2. Price (harga)
Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.
3.
Place (distribusi/tempat)
Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi kensumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.
Basu swastha ( 1990: 190) memberikan defenisi tentang saluran distribusi sebagai berikut:
6
Hal ini produsen mempunyai 3 alternatif
yaitu:
a. Distribusi Insentif
Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha menggunakan penyalur terutama pengecer sebanyak-banyaknya untuk mendekati para konsumen. Usaha ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen, semakin cepat para konsumen terpenuhi kebutuhannya maka semakin cepat pula terpenuhi kepuasannya.
b. Distribusi
Selektif
Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer, agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu produk baru (barang special) apabila distribusi ini menguntungkan dari distribusi insentif maka jumlah pengecer atau agen yang digunakan akan lebih terbatas.
c. Distribusi
Ekslusif
Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau pengecer dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada suatu pedangang besar saja dengan mengunakan satu penyelur, maka produsen akan lebih mudah dapat mengadakan pengawasan pada tingkat harga enceran maupun usaha kerja sama dengan
7
penyalur dalam periklanan. Pemilihan saluran
distribusi merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan
barang-barang sampai ketangan kosumen dapat menturangi keuntungan yang diterima
oleh perusahaan.
4. Promotion (promosi)
Promosi adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen sicara lansung terhadap produk yang dihasilkan.
Promosi adalah cara yang efektif dalam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang-barang baru yang diproduksi
5. Process (proses)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan
diberikan kepada
konsumen selama melakukan pembelian barang. Seringmenawarkan
berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen.
6. Analisa physical evidence
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang
di dalamnya juga termasuk suasana
klinik yang merupakan tempat beroperasinya jasa
layanan perawatan dan kecantikan kulit.
Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi
paling nampak dalam kaitannya dengan situasi.
Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan
kondisi geografi dan lingkungan institusi,
dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca,
pelatakan dan layout yang nampak atau
lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk
1974 dalam Assael 1992).
Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang
merupakan kunci sukses bagi sebuah
klinik diantaranya adalah kelengkapan produk
layanan yang siap ditawarkan (one stop beauty
service), lokasi yang strategis, keramahan dan
efektivitas pelayanan, tempat parkir yang
memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen
didalam perawatan seperti
ruangan dari ruang tunggu sampai dengan ruang
perawatan yang sejuk dan bertata cahaya
yang tepat.
8
8.
Analisa People
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan
maupun
penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak
langsung dalam
proses layanan itu sendiri.
BAB III
· Menganalisa Marketing mix:
1. Analisa Produk
Mercedes-Benz merupakan salah satu brand otomotif paling dikenal di
dunia yang pertama kali digunakan sebagai merk kendaraan sejak tahun 1926. Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik
Indonesia dengan kualitas produk:
· Mobil-Mercedez
Benz lebih mengoptimalkan dari segi rasa kenyamanan bagi para pengendara
sekaligus penumpangnya. Dan tentunya penumpang tidak akan merasa bosan
sekaligus cepat lelah ketika harus menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan
mobil Mercedes Benz karena desain interior dan eksterior yang membuat terlihat
lebih elegahn dan mewah
· Mobil
Mercedes Benz mempunyai ciri khas ruang yang lebih besar dan lebar yang tidak
kalah dengan jenis mobil eropa lainnya.
· Masalah
ketangguhan dan kemampuan dari mesin keluaran mobil Mercedes Benz sudah
terbukti dan teruji mampu bertahan lebih lama daripada mobil produksi Jepang.
· Kelebihan
Interior dan eksterior bawaan orisinil mobil mercedes benz terkesan sangat
mewah sekaligus memanjakan bagi pemiliknya, dan menciaptakan prestise bagi yang
memakainya.
9
· Memiliki berbagai varian produk seperti bus,
sedan, kendaraan niaga, van, dan mpv
2. Analisa Place
Mercedes Benz memiliki dealer resmi di Indonesia seperti Jakarta,
bandung, Bali, Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, dengan Jam Buka:
Senin – Jumat : 8:30 pagi – 7:00 malam
Sabtu – Minggu: 8:30 pagi – 5:00 malam
Hari Libur Nasional : -
Senin – Jumat : 8:30 pagi – 7:00 malam
Sabtu – Minggu: 8:30 pagi – 5:00 malam
Hari Libur Nasional : -
Dan disanalah tempat para konsumen membeli produk baru Mercedes
Benz, dan tempat untuk service apabila terjadi kerusakan pada produk tersebut.
* berada di jantung ibu kota dan provinsi di
indonesia
* berada di lokasi yang cukup prestise
3. Analisa Price
Mercedes Benz memiliki harga berkisar antara Rp. 400.000.000 – Rp.
2.000.000.000 lebih. Berikut table price Mercedes benz:
10

MerMercedes Benz memiliki harga yang relative mahal, dengan harga yang
premium, karena target marget dari Mercedes benz sendiri kalangan menengah
keatas, sehingga pricenya dimulai dengan harga 400 jt dengan type B class.
* penetapan harga
* penetapan harga sebanding dengan hasil
* potongan harga
* penetapan harga untuk produk premium
4. Analisa Promotion
Cara Promosi produk Mercedes Benz beda dengan mobil mobil lainnya.
Promosi perusahaan ini terhadap:
11
* perusahaan-perusahaan
yang sudah memiliki nama
* Mall besar yang berada
di Indonesia
* dan beberapa tempat
dimana orang-orang kelas menengah keatas berada.
* dengan mengadakan
seminar dan pengenalan di Club ternama.
* dan promosi dengan media cetak
5. Analisa Process*
* kecepatan pembayaran
* ketersedian permintaan selera produk kepada konsumen
* secara keseluruhan layanan sudah baik dan cepat
*ketanggapan pelayanan
*
pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan
yang berpengaruh pada image perusahaan
6. Analisa Phisical Evidence*
Mercedes Benz memiliki:
* Desain dan tata ruang dealer yang menarik
*Tersedia sarana tempat parkir
* Produk lengkap yg berada di dealer
* Kondisi kebersihan lingkungan
* Pembayaran dengan atm, cek, giro, kartu kredit
* Tersedia sarana pengukur suhu ruangan
12
7. Analisa People*
*Sedia dan siap membantu
* Keramahan dan kesediaan
membantu
* Uniform yang dikenakan
partisipan
* Simpatik dan ramah dalam
pelayanan
* Dapat memberikan solusi pemecahan masalah
·
Menganalisa STP (Segmenting, Targeting, Potitioning)
1. Definisi
Segmentasi pasar adalah
membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan
karakteristik atau tingkah laku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk
atau bauran pemasaran yang terpisah.
Targeting adalah
mengevaluasi segmentasi pasar kemudian menentukan pembeli dengan kebutuhan atau
karakteristik serupa yang akan dilayani oleh perusahaan.
Positioning adalah
tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat
tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen
segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya
dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau
mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf
dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi
perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus
menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan
tersendiri.
13
2.
Proses segmenting dan targetting
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
|||||||
![]() |



SEGMENTASI PASAR MERCEDES BENZ

15
BAB IV
5.1 Kesimpulan
Dari laporan yang telah saya sajikan di atas, dapat kita analisis dan
simpulakan bahwa :
·
Mercedes Benz mensegmentas pasar yang
besar secara global, Indonesia dipilih sebagai target market Mercedes Benz, karena Indonesia memiliki
potensi yang kuat dalam jangka panjang, sehingga ini memberikan profit bagi
Mercedes Benz itu sendiri.
·
Mercedes Benz memiliki keunggulan yang
lbih disbanding mobil mobil yang lain, sehingga mercede Benz dijuluki sebagai
mobil premium di Indonesia, sehingga memiliki prestise bagi pemakainya.
·
Mercedes Benz berada diperingkat nomer
1 mobil terbaik di Indonesia, dan Mercedes Benz mengutamakan tingkat keamanan,
sehingga banyak pelanggan yang ingin memiliki mobil ini
·
Desain dan Interior yang membuat
produk Mercedes Benz memiliki price yang tinggi,.
·
Terget Market mereka berbeda dari
mobil-mobil yang lainnya cenderung kepada orang-orang menengah keatas, karena
Mercedes Benz memiiki keunggulan yang banyak, sebanding dengan price yang
tinggi, penjualan dan pemasarannya pun berbedqa dengan yang lainnya.
16
5.2 Kritik dan Saran
Seiring dengan
perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan yang sangat ketat,
Mercedes Benz mengutamakan tingkat keamanan dan kenyamanan, jauh berbeda dengan
produk mobil mobil lainnya. Untuk kedepannya, Mercedes Benz harus berani
mengambil inovasi baru, dengan memperluas target market mereka, dengan cara
menurunkan price Mercedes Benz, sehingga kalangan menengah kebawah dapat
membeli produk perusahaan tsb, seperti perusahaan Toyota, yang memiliki target
maket masing-masing.
17
"A golden opportunity for you! Own a Sports Car and enjoy various advanced features and free maintenance packages." Come visit our website here https://sportkeren01.blogspot.com/
BalasHapus