1. Jelaskan keterkaitan antara modul SAP R/3 accounting system dengan modul yang lainnya dalam SAP
2. Jelaskan peran dari modul SAP R/3 accounting system
3. Jelaskan bagaimana SAP R/3 accounting system di setiap negara?
4. Sebutkan komponen dari SAP R/3 accounting system
5. Sebutkan komponen Financial Accounting (F1)
6. Sebutkan komponen Corporate Finance Management (CFM)
7. Sebutkan Profitability and sales accounting
8. Sebutkan komponen Product Cost Controlling
9. Sebutkan komponen Overhead Cost Controlling
10 Jelaskan Investment management
11. Jelaskan Project management
12. Jelaskan Generkal Ledger
13. Balance sheet
14. Loss statement
15. bagaimana smaster yarat sistem akuntansi yang efektif?
16. Jelaskan konsep-konsep company, company code, business area, functional area, profit center
17. chart of account,
18. jelaskan fungsi-fungsi yang dapat dijalankan oleh chart of account
19. Jelaskan customer master data
20. Jelaskan struktur master record untuk customer master data
21. Jelaskan vendor master -- account payable
22. Jelaskan yang disediakan oleh vendor master -- account payable
23. Jelaskan general data
24. Jelaskan COmpany code data
25. Jelaskan Purchasing organization data
26. Jelaskan asset management
27. jelaskan asset class, asset master record
28. Jelaskan account balance
JAWABAN
1.
2.
3.
Untuk mengcompanies setiap Negara, SAP R/3 menawarkan fleksibel
perangkat lunak ayng dapat digunakan di berbagai nergara. System
memenuhi kebutuhan Negara –negara idustri utama dengan menggunaka
pendekatan bahasa. Dan fungsi Negara tertentu untu pajak, pelaporan dan
transaksi pembayaran.
4. # Financial accounting
# Corporate finance management
# Profitability and sales accounting
# Product cost controlling
# Overhead cost controlling
5. # G/L accounting
# Asset accounting
# Account payable and receivable
6. # Planning
# Legal consolidastion
# Corporate finance management
# Executive infprmation system
# Profit center accounting
# Treasury management enterprise controlling includes
7.
8. Product cost palnning, cost object controlling
9. Cost center, internal order, activity based costing
10.
Investment management: Memungkinkan company-wide penanaman moda dalam
perencanaan dan pengendalian individu upaya penanaman modal
11.
Project management: Memungkinkan efisien perencanaan, biaya sensitive
control, dan berorientasi target pelaksaan proyek dengan kompersensif
integrasi dengan mengendaliakn dan logistik
12.
General Ledger: Suatu kumpulan akun yang telah di golongkan atau
dikelompokakn berdasarkan sifat, tujuan, dan mencatat transaksi
keuanagn untuk menyusun sebuah laporan keuangan yang menjadi
pertanggung jawban sebuah perusahaan pengelola.
13.
Balance sheet: adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang
menunjukan keadaan keuangan secara sistematis dari suatu perusahaan
pada saat tertentu dengan cara menyajikan daftar aktiva, utang dan
modal pemilik perusahaan.
14.
Loss statement: adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan
yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan
unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu
laba (atau rugi) bersih
15.
16. konsep-konsep company, company code, business area, functional area, profit center:
# Company: Ini mewakili sebuah badan hukum secara mandiri terdiri atas satu atau lebih perusahaan kode
# Company code: ini mewakili pandangan hukum pajak perusahaan. Kalender fiskal, mata uang lokal, dan
persyaratan pelaporan pajak menentukan desain, lengkap dan didamaikan sistem pelacakan
# Business area: ini membantu menggambarkan struktur internal untuk segmen eksternal pelaporan. Anda
menggunakan wilayah bisnis untuk menganalisis item dipilih neraca dan laporan laba rugi untuk produk
divisi atau struktur regional
# Funtioanal area: daerah ini menampilkan laporan laba rugi menurut akuntansi biaya penjualan. ini adalah
perbandingan periode akuntansi, yang berbeda tergantung pada permintaan
# Proft center: dengan desain yang fleksibel, istilah ini mengontrol digunakan untuk menggambarkan daerah
internal tanggung jawab. objek kesiapan operasi perusahaan yang ditugaskan untuk keuntungan pusat
17. chart of account: sistem
klasifikasi didefinisikan oleh nilai-nilai akuntansi untuk merekam atau
nilai flows. terlebih , grafik account menjamin render rekening yang
benar
18. Fungsi-fungsi yang dapat dijalankan oleh chart of account
# As an operatonal chart of account : berisi rekening saat ini digunakan dalam transaksi sehari hari
dengan system . hal ini memungkinkan seragam, seluruh perusahaan klasifikasi bisnis
# As a local chart of account : berisi account yang diperlukan untuk memenuhi hokum requirement.
Posting data dapat diwakili berdasarkan perkembangann Negara, criteria penggolongan standar.
# As a group chart of accounts : berisi semua account yang berlaku dari seluruh group corporate.
Posting data dapat diproses atau diwakili berdasarkan persyaratan eksternal kelompok akuntansi
19. Customer master data: Catatan
master pelanggan berisi semua informasi yang kebutuhan perusahaan untuk
hubungannya bisnis dengan pelanggan. data ini mengontrol prosedur
posting dan pengolahan berikutnya, seperti pembayaran dan dunning
20. Struktur master record untuk customer master data:
# General data: Data ini adalah sama-sama relevan untuk setiap company kode dan setiap organisasi
penjualan dalam perusah
# Data for company codes : data ini mencerminkan perjanjian khusus perusahaan dengan pelanggan
# Data fo sales : data ini memiliki karakteristik yang berbeda untuk organisasi penjualan milik perusahaan dan saluran
21. Vendor master -- account payable
Catatan
master vendor berisi semua informasi yang dibutuhan perusahaan untuk
hubungan bisnis dengan vendor. data ini mengontrol transaksi posting
serta pengolahan posting data
22. Yang disediakan oleh vendor master -- account payable
Ikhtisar
dari semua data untuk vendor tertentu, akses data yang fleksibel, data
dasar yang digunakan untuk mengontrol transaksi pembayaran dan untuk
mewakili proses bisnis. Selain itu, catatan master vendor fleksibel
desain cocok untuk kebutuhan khusus
23. General data: Termasuk alamat dan data telekomunikasi , vendor umum informasi serta rincian bank
24. Company code data: Mencakup
kebijakan khusus perusahaan mengenai pembayaran transaksi, dunning
prosedur, dan korespondensi informasi. data ini termasuk yang
disepakati pada syarat-syarat pembayaran dan metode pembayaran
25. Purchasing organization data: Termasuk
penyelidikan, ketertiban, dan faktur verifikasi informasi. data ini
hanya diperlukan jika menggunakan sistem sap functions. data ini dapat
ditambahkan atau diubah setiap saat Anda inginkan
26. Ssset management: Asset
management sebagai meningkatkan otomatisasi membuat perencanaan dan
pengawasan aset tetap untuk tujuan eksternal dan internal akuntansi
yang pernah lebih penting. di samping murni akuntansi dan neraca
persiapan, ada persyaratan yang luas untuk mengendalikan dan
pemeliharaan pemantauan
27.
28. Account balance: Tampilan
baris item memberikan ikhtisar terbuka, dibersihkan, dan biasa ditaruh
di rekening. Anda menentukan mana informasi tentang masing-masing item
baris yang akan ditampilkan di layar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar